Beranda Berita Photo APBD Kota Tangerang Baru 76,65% Yang Terlealisasi

APBD Kota Tangerang Baru 76,65% Yang Terlealisasi

BERBAGI
Puspem Kota Tangerang
Puspem Kota Tangerang
Puspem Kota Tangerang

Kota Tangerang, BT.com – Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mencatat, realisasi belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 di Tangerang sebesar Rp2,56 triliun dari target Rp3,5 triliun atau hanya terserap 75,65 persen.

Ia menjelaskan, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor baik melalui sisa anggaran pegawai dan efisiensi serta anggaran sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) yang dilakukan pemerintah daerah (Pemda).

Menurutnya hal tersebut berasal dari sisa anggaran pegawai yang tidak direalisasikan dalam bentuk gaji dan tunjangan sebesar Rp148,89 miliar. Di antaranya berasal dari adanya pegawai yang pensiun dan meninggal selama 2014 sebanyak 197 orang dan tidak direalisasikannya gaji dan tunjangan pegawai untuk CPNS sebesar 829 orang.

“Kemudian, hasil efisiensi karena adanya pembatasan jumlah honor, efisiensi dari pelaksanaan E-Tendering, belanja hibah serta belanja tidak terduga,” katanya, Senin (22/6).

Begitu pula dengan Silpa, lanjutnya, hal itu disebabkan adanya pelampauan target pendapatan dan efisiensi dalam realisasi belanja mengingat Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalami peningkatan dari Rp643 miliar menjadi Rp1 triliun pada 2014.

“Silpa itu tak selamanya berkonotasi kurang baik. Silpa justru ada karena beberapa efisiensi yang dilakukan karena kami ingin anggaran benar-benar digunakan sesuai urgensi kebutuhannya,” tutupnya. (Putra)

Baca Juga :  STIEAD Adakan Halal Bihalal dengan Kapolda