Beranda Berita Photo Jaminan Keamanan Menjadi Alasan Utama Ditolaknya Polresta Tangerang di Bawah komando Polda...

Jaminan Keamanan Menjadi Alasan Utama Ditolaknya Polresta Tangerang di Bawah komando Polda Banten

BERBAGI
Polda Banten
Polda Banten
Polda Banten

Kab. Tangerang, BT.com – Sejumlah pihak menyatakan keberatan atas wacana perpindahan kendali Polresta Tangerang ke Polda Banten. Jaminan keamanan menjadi alasan utama ditolaknya Polresta Tangerang di bawah komando Polda Banten.

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar menyatakan tidak sepakat dengan rencana yang kini tengah bergulir di Mabes Polri itu. Alasannya, di Kabupaten Tangerang terdapat sejumlah aset vital milik negara yang pengawasan memerlukan kecepatan, ketepatan dan kehandalan aparat keamanan.

Terlebih, kata dia, kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang kini lebih banyak masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tangerang, membutuhkan pengamanan yang ekstra ketat. 

“Belum lagi PLTU Mauk di Kecamatan Kemeri, jalan tol maupun kawasan industri, juga aset vital negara lainnya di Kabupaten Tangerang yang membutuhkan pengamanan ekstra,” ujar Zaki, Jumat (19/6).

Menurut Zaki, selama ini faktor pengamanan dan keamanan masyarakat di Kabupaten Tangerang sudah terjaga dengan baik dengan adanya Polresta Tangerang yang kendalinya berada di bawah Polda Metro Jaya.

Zaki mencontohkan, pelaksanaan Pilkades serentak yang berlangsung di Kabupaten Tangerang, berjalan tertib dan kondusif dengan adanya pengamanan dari Polresta Tangerang, begitu pula dengan pengamanan even-even tertentu, seperti hari buruh dan lain-lain. 

“Jadi untuk masalah pengamanan yang sudah berlangsung dengan baik dan terkoordinir dengan rapih kenapa harus diubah-ubah lagi,” ujar Zaki.

Menurut Zaki, jika terjadi perubahan kendali Polresta Tangerang ke Polda Banten, tentunya akan mempengaruhi berbagai bidang pelayanan. Pelayanan kepolisian harus beradaptasi kembali dari awal serta pengaruh pelayanan lainnya.

“Seperti bulan Ramadan saat ini, yang membutuhkan konsentrasi aparat keamanan dalam hal ini kepolisian. Jadi lebih baik kendali Polresta Tangerang tetap dipegang Polda Metro Jaya. Karena kekuatan personil dan rentang kendali Polda Metro Jaya sudah teruji dan lebih mumpuni,” ujar Zaki.

Baca Juga :  Wisuda Purna Wira Polri dan PNS TA. 2023, Kapolda Metro Jaya: Jangan Pernah Merasa Tidak Berguna

Sementara Arif wismansyah wali kota Tangerang mengatakan, kordinasi maupun komunikasi sudah dilakukan dengan baik dengan Polda Metro Jaya, karena kota Tangerang telah memiliki rumah tiga pilar di tingkat kelurahan se-kota tangerang untuk memberikan keamanan dan ketertiban di tingkat kelurahan.

Sebelumnya, Kapolda Banten Brigjen Pol Rafli Amar mengatakan, rencana pemindahan kendali Polresta Tangerang dari Polda Metro Jaya ke Polda Banten, sedang dalam pembahasan di Mabes Polri.

“Tapi baru pembahasan, belum sampai tahap keputusan,” katanya. (Jef)