Beranda Berita Terkini Puskesmas Jurang Mangu, Menggelar Lomba Balita Sehat

Puskesmas Jurang Mangu, Menggelar Lomba Balita Sehat

BERBAGI

puskesmasBT.com, Pondok Aren – Salah satu upaya pembinaan dan pengembangan anak adalah meningkatkan kesehatan balita melalului usaha promotif sebagai peran masyarakat. Puskesmas Jurang Mangu, bersama dengan sponsor makanan sehat untuk bayi, menggelar lomba Balita Sehat tahun 2015. Dengan tema ‘ Ciptakan Generasi Bangsa Yang Sehat Dan Berkwalitas’, puluhan anak dan orangtua antusias mengikuti  lomba untuk menampilkan  anak-anaknya yang di gelar di halaman Puskesmas Jurang Mangu, Pondok Aren Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (23/05).

Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) Puskesmas Jurang Mangu dr Dyah Indriastutik, didampingi ketua panitia dr Dies  Radiatul Fudah mengatakan, sekitar 100 anak yang menjadi peserta merupakan perwakilan dari  sejumlah 45 Posyandu dilingkungan Puskesmas jurang Mangu. Hal ini dilakukan, untuk lebih mendekatkan diri dan pelayanan ke masyarakat.

pkmjurangmangu
Puskesmas Jurang Mangu, Pondok Aren Kota Tangerang Selatan

“ Lomba balita sehat ini bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat yang berkualitas dan produktif.Sehingga tercipta generasi penerus yang handal bagi pembangunan kedepan. Dalam perlombaan ini juga kami menyeleksi administrasi kelengkapan peserta dari orangtua mereka, seperti akte kelahiran dan kartu menuju sehat untuk mengetahui grafik kesehatan balita yang mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

 Dies menjelaskan, “Dalam penilaian lomba tersebut, pesertanya dibagi ke dalam dua kategori. Pertama, kategori balita usia 6-24 bulan. Kategori kedua balita 25-59 bulan. Tak hanya balita yang ikut lomba, tetapi data dari kedua orangtuanya juga masuk dalam kriteria penilaian juri. Adapun kriteria penilaian antara lain, pengukuran fisik, kemudian kuisioner gizi, penilaian kesehatan Ibu, pemeriksaan gigi balita, pemeriksaan fisik. Selain itu juga kuisioner, dan Psikologi, “ terangnya. 

Dari jumlah peserta yang ikut lomba, kategori balita umur 6-24 bulan, dimenangkan juara 1 oleh Anindita juara 2 Nendi Fadli dan juara 3 di raih oleh Syakira. Sedang katagori 25-59 bulan juara 1 diraih Fairuz, juara 2 Sahlah dan juara 3 Azka. Penyerahan piala dan penghargaan di lakukan oleh sejumlah panitia.

Baca Juga :  AIRIN RESMIKAN BEDAH RUMAH DI CEMPAKA PUTIH

Sementara itu anggota DPRD Tangsel Siti Khodijah dari PKS mengatakan, “Lomba Balita Sehat, perlu ditumbuh kembangkan karena dengan mengetahui akan ciri-ciri anak sehat akan bisa membuat perkembangan dan pertumbuhan sang anak itu sendiri akan lebih baik, yang berpengaruh terhadap kesuksesan di dunia pendidikannya kelak ketika dewasa dan juga bisa menjadi tahap awal meraih kesuksesan sang anak dalam dunia pekerjaan nantinya.” Kata Khodijah,yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut.(Is One)

Editor : Radi IsOne