Beranda Berita Photo Airin Minta Warga Turut Serta Dalam Pengawasan Tempat Usaha Bermasalah

Airin Minta Warga Turut Serta Dalam Pengawasan Tempat Usaha Bermasalah

BERBAGI

Dadang SopianPamulang, BT.com – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) geram melihat masih adanya usaha illegal yang menggunakan gudang di pertokoan sebagai penyimpanan obat palsu dan makanan yang mengandung zat berbahaya.

“Ini sudah keterlaluan dan harus ditangani serius khususnya dalam memberikan surat izin mendirikan bangunan (IMB), surat izin usaha dan izin tempat usaha kepada masyarakat,” tegas Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany saat mengetahuai adanya penemuan dan pengerebekan gudang penyimpanan bahan makanan dan obat-obatan yang diduga palsu di kopleks pertokoan Bumis Serpong Damai (BSD) Serpong, Kamis (7/5) lalu.

Laporan adanya penyalah gunaan tempat usaha sudah diterimanya saat ada kegiatan pengerebekan oleh tim gabungan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusat dan kepolisian di kawasan pertokoan BSD Serpong.

Menurut dia, perizinan yang dikeluarkan jelas sesuai permintaan tapi di lapangan atau setelah izin diberikan ternyata dipergunakan tak semestinya. Melihat hal itu tentunya Pemkot Tangsel akan memperketat proses perizinan diwilayanya seperti pengurusan perizinan pengurusan SIUP, TDP dan IMB dilakukan secara on line sehingga mempersempit ruang gerak calo atau oknum yang mencari kesempatan.

Pelayanan sistem on line dilakukan gratis tanpa ada pungutan sama sekali bila masyarakat yang mengurus ternyata kurang persyaratan jelas tak akan bisa mendapatakan izin. Selain memperketat perizinan, tambah dia, pihaknya juga memperketat pengawasan di lapangan.

“Tak hanya tugas Satpol PP saja dalam pengawasan tapi akan melibatkan kepolisian dan seluruh lapisan masyarakat ditingkat RT dan RW hingga ke warga langsung,” ujar Airin Rachmi Diany sehingga segala aktivitas yang mencurigakan di lingkungan setempat dapat dilaporkan langsung ke petugas kepolisian maupuan pengurus RT dan RW setempat. (Putra)

Baca Juga :  6 Kontrakan Ludes Terbakar Di Komplek Pertamina Pondok Ranji