Beranda TANGERANG SELATAN Pamulang Sampah di Tangsel Jadi Sorotan Kementerian Lingkungan Hidup

Sampah di Tangsel Jadi Sorotan Kementerian Lingkungan Hidup

BERBAGI
Pengola­han Sampah TPA sampah Cipeucang
Pengola­han Sampah
Pengola­han Sampah

BT.COM, Pamulang – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) menyoroti proses pengola­han sampah di Tangsel yang jauh dari ramah lingkungan. Tinjauan KLH ke sejumlah lokasi menemu­kan pengolahan sampah malah mengganggu masyarakat. Dalam keterangan yang disampaikan KLH, Senin (4/5) lalu,

Deputi Bidang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun, dan Sam­pah, Ilham Malik menyambangi sejumlah lokasi di Tangsel untuk mengecek terkait permasalahan sampah di Tangsel serta yang di­adukan masyarakat ke kementeri­an yang dipimpin Siti Nurbaya itu.

Berdasarkan pengecekan, dite­mukan warga di Serua Indah, Kecamatan Ciputat melakukan pengelolaan sampah dengan cara membakar sampah yang dilaku­kan di dalam pemukiman. Selain mengganggu kenyamanan warga, juga menyebabkan polusi.

Sedangkan di Perumahan Per­mata Pamulang ditemukan trans­fer depo sampah atau TPS kurang dioptimalkan. “Yang lebih mem­prihatinkan lokasi TPA tersebut berada tepat di pinggir sungai, se­hingga sampah-sampah tersebut sebagian terbuang ke sungai yang mencemari dan akan menyebab­kan banjir,” ujar Ilham. Tak hanya itu, beberapa diantara sampah tersebut juga dibakar dan dipilah oleh pemulung.

Kemudian, TPA Cipeucang tidak sesuai ketentuan yang berlaku kare­na sempitnya lahan. Selain itu juga ditemukan truk-truk pengangkut sampah yang hanya melayani area pelayanan 30 persen saja. (Red)

Sumber : satelitnews.com

Baca Juga :  Unpam Keluarkan Aturan Berpakaian Dalam Menghormati Bulan Puasa