Beranda Berita Photo Pelayanan Uji KIR di Tangsel Pakai Sistem Online

Pelayanan Uji KIR di Tangsel Pakai Sistem Online

BERBAGI

RajiaSerpong, BT.com – Masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan pajak kendaraan bermotor (PKB) maupun uji kelayakan kendaraan (KIR) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) setempat nantinya bisa diselesaikan 25 menit.

“Kami tengah menyiapkan berbagai data serta keperluan serta perangkat untuk menyusun sistem informasi data di pelayanan PKB, KIR dan STNK masyarakat Kota Tangsel yang nantinya pelayanan akan dilakukan secara komputer dan bisa ditunggu serta selesai 25 menit,” kata Kepala Bidang Angkutan Dishubkominfo Kota Tangsel Purnama Wijaya didampingi  Kepala Seksi Teknik dan Sarana di Dishubkominfo setempat, M. Syaiful, Rabu (6/5).

Penerapan ini tengah disusun setelah tim Dishubkominfo setempat melalui sistem informasi data yang dikumpulkan sejak Januari hingga Juni 2015 kepada pemohon KIR, PKB dan STNK untuk diramkum dalam sistem informasi data yang lengkap untuk dijadikan master data pemohon. Sehingga masyarakat yang mengurus dapat secara langsung melihat apakah kendaraannya sudah selesai atau belum dilakukan pengujian di ruang tunggu pelayanan Uji KIR.

“Jaringan yang dipergunakan adalah jaringan lokal atau LAN (Local Areal Network) sehingga komputer yang dipergunakan akan terkoneksi ke monitor yang ada serta memuat data pemohon KIR yang dapat langsung dilihat pemohon itu sendiri dari monitor,” tuturnya.

Standar yang dipakai dalam penetapan pengujian satu unit kendaraan maksimal 25 menit jika melebihi waktu tersebut pemohon bisa komplen atau mengkritik petugas agar pelayanan selalu siap siaga dan siap memperbaiki pelayanan yang kurang.

Data yang ada hingga 6 Mei 2015 pemasukan dari PKB atau Uji KIR Rp550 juta dari target yang ditetapkan tahun 2015 sekitar Rp1,47 miliar. “Untuk penerimaan PKB yang masuk ke PAD tahun 2014 dari target Rp1,4 miliar ternyata berhasil mencapai Rp1,67 miliar,” kata Purnama.(Is one)

Baca Juga :  Walikota Tangerang Datangi BPKP Guna konsultasikan Program dan Rencana Pemberian Bantuan Yatim Juga Anjal