Beranda Berita Photo 700 Siswa/Siswi Ikut dalam Penanaman Pohon

700 Siswa/Siswi Ikut dalam Penanaman Pohon

BERBAGI

meSerpong, BT.com – Untuk membuat lingkungan hidup menjadi lebih baik, anak perlu ditanamkan rasa cinta terhadap lingkungan sejak dini. Mereka harus diajarkan cara mencintai tanaman. Salah satunya mengajarkan mereka menanam pohon dan merawatnya.

Seperti diajarkan Aeon Mall BSD City, kemarin. Pada kesempatan itu, mereka mengajak sekitar 700 pelajar untuk menanam pohon secara bersamaan, di Aeon Mall BSD City, Serpong, Tangsel.

Sekolah tersebut berasal dari sekolah di sekitar mall, yaitu SD Islam Al Azhar BSD, SD Islam Cikal Harapan, SD dan SMP Ora Et Labora BSD, Prasetiya Mulya, Sinar Mas World Academy, dan lainnya.

“Kita mengajak pelajar menanam pohon di area kami, agar siswa siswi tersebut bisa merasa memiliki Aeon Mall BSD City. Karena tanaman yang telah mereka tanam, selamanya akan hidup di Mall kita,” ungkap Wahyu, Public Relation Aeon Mall BSD.

Dia melanjutkan, nantinya anak-anak itu bisa melihat tanaman tersebut setiap berkunjung ke Mall. Dia juga ingin anak-anak dapat mengenal mengenai gaya hidup go green sejak dini.

“Karena sesuai dengan konsep dari Aeon, kita ingin tumbuh bersama komunitas. Para pelajar inilah salah satu komunitas yang ingin kami rangkul,” paparnya.

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 07.00-10.00 WIB yang juga dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Minister of the Embassy of Japan in Indonesia, Yoshiko Kijima, Gubernur Provinsi Banten, Rano Karno serta President and CEO AEON RETAIL Co., Ltd., Soichi Okazaki.

Acara ini menanam 10 ribu pohon yang terdiri dari 22 spesies tanaman asli Indonesia, mulai dari Rambutan, Mangga, Melinjo hingga Saga, di area seluas 3 ribu meter persegi.

Baca Juga :  SMP Negeri 10 Kota Tangsel Laksanakan UN 2015

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengatakan bahwa dirinya memberikan apresiasi terhadap Aeon Mall BSD City, karena dapat melibatkan siswa dalam penanaman pohon.

“Ini merupakan pendidikan yang sangat baik dalam etika menjaga lingkungan. Saya juga mengharapkan mall ini bisa membantu penanganan sampah yang baik,” paparnya.

Dia melanjutkan bahwa sejak awal jika bisa sudah menggunakan recycle, namun jika tidak bisa maka secara bertahap hingga akhirnya benar-benar bisa membiasakan hal itu.

“Sudah menjadi kewajiban Negara untuk mempersiapkan pemerintah dan masyarakat hidup dalam lingkungan hijau di sekitar kita. Jadi ini juga merupakan pendidikan untuk keluarga bahwa menanam itu sangat penting,” tuturnya.

Festival penanaman pohon bersama ini merupakan tradisi pendahuluan sebelum pembukaan (grand opening) Aeon Mall BSD City, mall bernuansa Jepang pertama di Indonesia yang akan resmi dibuka pada Sabtu, 30 Mei 2015 mendatang dan dipraktekkan oleh Aeon Mall di seluruh dunia.

Presiden Direktur Aeon Mall Japan, Akio Yoshida dalam sambutannya mengungkapkan, Aeon Mall BSD City merupakan Mall yang sangat memperhatikan lingkungan hidup.

“Melalui tradisi penanaman pohon bersama, kami memiliki niat yang tulus untuk membantu pelestarian alam serta memberi kontribusi positif bagi masyarakat lokal. Kami juga berharap aksi ini mampu mendorong seluruh aktivitas pelestarian alam dapat menyebar ke seluruh dunia,” ungkapnya. (Jef)