Beranda Berita Photo Masyarakat Indonesia Dapat Melihat Gerhana Bulan Dengan Mata Telanjang, Sabtu Petang

Masyarakat Indonesia Dapat Melihat Gerhana Bulan Dengan Mata Telanjang, Sabtu Petang

BERBAGI

BT.com – Fenomena alam gerhana bulan total bulandapat diamati dengan kasat mata pada Sabtu (4/4) ini. Seluruh masyarakat indonesia dapat menyaksikan fenomena tersebut malam ini.

Seperti dikutip dari laman Space, Jumat (3/4), Gerhana Bulan total akan terjadi pada 4 April di seluruh samudera pasifik dan sejumlah daratan yang berdekatan. Namun ternyata, menurut Space, penduduk di Asia dan Australia dapat menyaksikan fenomena tersebut lebih awal yakni pada Jumat (3/4) alias hari ini saat Matahari terbenam.

Sayangnya tidak disebutkan wilayah mana saja, di kawasan Asia mana yang mampu melihat gerhana tersebut pada malam hari ini.

Sementara pengamat di Amerika Utara dan Selatan akan mampu melihatnya pada Sabtu pagi, besok sebelum Matahari terbit. Informasi sebelumya menyebutkan negara-negara Asia Tenggara dan Australia dapat menikmati gerhana Bulan sejak Sabtu malam, (4/4).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di dalam situs resminya juga menginformasikan, Gerhana Bulan total akan tejadi pada 4 April dan dapat diamati dari berbagai wilayah di Indonesia

Gerhana Bulan pada 2015 diprediksi akan terjadi sebanyak tiga kali. Antara lain pada Maret, April, dan September. Hal tersebut lantaran gerhana hanya dapat terjadi saat bulan berada dekat dengan titik-titik dalam orbitnya dimana Bulan melintasi jalur ekliptika.

Seperti diketahui, Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa tersebut merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Sedangkan Gerhana Bulan hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru. (Putra)

Baca Juga :  Rusak Warung Makan Saat Tawuran di Serpong