Beranda Berita Photo Pemerintah Tetapkan Harganas Tanggal 26 Juni

Pemerintah Tetapkan Harganas Tanggal 26 Juni

BERBAGI
Logo Harganas 2015 (Foto di-Cropping, ambil buleh tannya saja)
Logo Harganas 2015 (Foto di-Cropping, ambil buleh tannya saja)
Logo Harganas 2015 (Foto di-Cropping, ambil buleh tannya saja)

Pondok Aren, BT.com – Pemerintah menetapkan tanggal 26 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan bukan merupakan hari libur. Penetapan itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2014.

Hal ini diungkapkan Plt Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Ir. Ambar Rahayu, MNS., melalui siaran pers pada rangkaian acara Peresmian Logo Harganas XXII tahun 2015 di Bintaro Jaya Achange, Pondok Aren Kota Tangerang Selatan, Kamis, 26/3/2015.

Upaya mewujudkan keluarga sejahtera dimulai sejak perencanaan keluarga. Perjalanan panjang keluarga yang mereka tempuh akan menjadi mata rantai kehidupan dari generasi ke generasi berikutnya. Oleh karena itu keluarga dalam pengembangan dirinya dihadapkan pada tugas-tugas baik di dalam maupun diluar kekluarga.

Dalam pengembangan tugas-tugas keluarga sangat berkaitan dengan pengembangan fungsi-fungsi keluarga yaitu fungsi keagamaan, cinta kasih, social budaya, ekonomi, pendidikan, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, membangun dan memelihara lingkungannya.

Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembanganm Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, mengamanatkan bahwa penduduk sebagai modal dasar pembangunan adalah merupakan titik sentral dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Kemajuan suatu bangsa sebagian besar ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusianya yang tangguh sehingga berhasil menguasai pengetahuan dan teknologi untuk membangun negaranya.

Sebagai tindak lanjut UU Nomor 52 Tahun 2009, telah diterbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 87 Tahun 2014 Tentang Perkembangan Kependudukan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan system informasi keluarga. Pemerintah dan Pemerintah Daerah menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan dan ketahanan keluarga.

Peringatan hari keluarga menjadi sangat penting untuk terus dilakukan, untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sejahtera, perlu meningkatkan peran keluarga sebagai pilar utama dalam pembangunan dan kesejahteraan bangsa.

Harganas upaya terus menerus untuk meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Untuk itu, dengan menanamkan nilai-nilai kehidupan berbangsa bagi anggota keluarga sejak dini, akan menjadikan keluarga sebagai wahana yang tangguh bagi terwujudnya keluarga yang berkualitas.

Baca Juga :  Airin Lepas Jemaah Haji Tangerang Selatan

“Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya memantapkan ketahanan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkasnya. (Iskandar)