Beranda Berita Photo Kota Tangerang Gulirkan Berkebun di 13 Kecamatan

Kota Tangerang Gulirkan Berkebun di 13 Kecamatan

BERBAGI
(Foto : Bumi)
(Foto : Bumi)
(Foto : Bumi)

Kota Tangerang, BT. Com – Kota Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan gulirkan Program Tangerang berkebun  di 13 Kecamatan Tahun 2015 ini. Program ini merupakan bagian dari penyuluhan  penerapan pertanian/ perkebunan tepat guna.

Dinas Pertanian berharap, dalam pelaksanaannya dapat dilakukan bersama-sama dengan aparat Kecamatan, Kelurahan, dan kelompok tani dan wanita tani. Kata Ir. Hj. Irma Ridiani Kabid Ketersediaan Pangan dan Kerawanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangerang kepada Beritatangsel.com. Rabu(18/3).

Selain Lurah Karang Timur Abdul Gani, S.ip dan Camat Karang Tengah Sucipto, hadir pula anggota DPRD Kota Tangerang daerah pemilihan wilayah zona 5 meliputi Kecamatan Ciledug, Karang Tengah dan Kecamatan Larangan. Diantaranya, H. Kartini Fraksi Golkar, H. Syahroni fraksi PKB, Anggraini Jatmiko Ningsih fraksi PDI Perjuangan, Ella Silvia fraksi PAN, dan Hartoto (Bang Toing) dari fraksi PDI Perjuangan.

Mengingat ruang terbuka hijau di Kota Tangerang masih rendah yaitu 11%, diharapkan dengan adanya kegiatan Tangerang berkebun secara perlahan setiap rumah dapat ditanami pohon baik pohon produktif maupun pohon untuk penghijauan, lanjutnya.

Ir. Irma Ridiani Kabid Ketersediaan Pangan dan Kerawanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangerang
Ir. Irma Ridiani Kabid Ketersediaan Pangan dan Kerawanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangerang

Dari kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Karang Timur Kecamatan Karang tengah Kota Tangerang ini juga diharapkan dapat dihasilkan bahan pangan bagi masyarakat berupa sayuran segar yang aman dan sehat untuk keluarga dan hasilnya juga dapat dijual sehingga bisa menambah pendapatan keluarga dan kas kelompok pertanian.

Program Tangerang berkebun yang pelaksanaan mulai tanggal 18-24 Maret 2015, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangerang selanjutnya akan melaksanakan praktek serta bimbingan teknis penyuluhan penerapan pertanian/perkebunan tepat guna.

Irma Ridiani mengatakan, pelaksanaan kegiatan Tangerang berkebun akan dimulai pada bulan Mei 2015 dengan materi peertanian ramah lingkungan dan hidroponik, teknik budidaya penanaman cabai, teknik budidaya tanaman buah-buahan dalam pot (Tabulapot), teknik budidaya sayuran tanaman rendah, pengendalian OPT dan keamanan pangan segar, teknik pembuatan Kompos limbah rumah tangga.

Baca Juga :  Panwas Tangsel Temukan Empat Dugaan Pelanggaran , Satu Diteruskan Ke Airin

Selanjutnya Irma Ridiani mengatakan, penyuluhan Tangerang Berkebun 2015 dilaksanakan di 13 Kecamatan dengan jumlah peserta 500 orang. Setiap lokasi kelompok yang dibina akan mendapatkan paket bibit tanaman biofarma, tanaman buah, benih tanaman sayuran, kaos topi dan sarana pendukung pertanian (pupuk organic, media tanam, pestisida lalat buah, pagar, rak vertikultur, tool kit berkebun dan polybag.

“Kegiatan Tangerang Berkebun diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan diseluruh Kecamatan untuk mendukung pembangunan Kota Tangerang yang berwawasan lingkungan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan perekonomian masyarakat, serta kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang yang berahlakul karimah,” imbuhnya. (Bumi)