Beranda Berita Photo Hadapi Tantangan Global, SDM SMK BB Siap Bersaing di Dunia Kerja

Hadapi Tantangan Global, SDM SMK BB Siap Bersaing di Dunia Kerja

BERBAGI
Widodo (Tengah Berpakaian Safari Abu-abu) Bersama Kepala Sekolah dan Dewan Guru
Widodo (Tengah Berpakaian Safari Abu-abu) Bersama Kepala Sekolah dan Dewan Guru
Widodo (Tengah Berpakaian Safari Abu-abu) Bersama Kepala Sekolah dan Dewan Guru

Kota Tangerang, BTcom – Desas desus pemerintah untuk meningkatkan jumlah sekolah kejuruan dibandingkan dengan sekolah menengah atas, tentunya sangat beralasan. Terlebih lagi semakin banyaknya orang yang tidak memiliki pekerjaan dan tidak mempunyai kemampuan dan keahlian untuk menjadi mandiri.

Sehingga wajar jika banyak orangtua lebih memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bagi masa depan putra/putrinya dengan harapan setelah lulus nanti dapat langsung terserap di dunia kerja. Sekalipun tidak memperoleh pekerjaan, tentunya putra/putrinya sudah dapat membuka peluang usaha sendiri dengan keterampilan dan keahlian yang dimilikinya.

Pada kenyataannya, sekolah menengah kejuruan (SMK) lebih menitikberatkan pengembangan disektor keterampilan siswa. salah satu bidang yang siswa minati dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar, dengan begitu siswa dapat diterima bekerja dengan mudah di perusahaan mana pun.

Hal tersebut dilakukan juga oleh SMK Bina Bangsa  yang beralamat di Jalan Dr. Setia Budi No. 8 Parung Serab, Kota Tangerang. Sekolah yang dibangun dibawah naungan Yayasan Pembinaan Pendidikan Bina Bangsa (YPPBB), telah mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang siap pakai dan siap bersaing di dunia kerja.

Terbukti setiap tahunnya sebanyak 90 persen kelulusannya terserap di dunia kerja. “Rata-rata setiap tahun, sebanyak 80-90 persen kelulusan dari siswa SMK BB langsung terserap oleh perusahaan,” jelas Widodo HS, SE Ketua Yayasan Pembinaan Pendidikan Bina Bangsa (YPPBB) belum lama ini.

Untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja, menurut Widodo tidaklah mudah. Tapi diperlukan kedisiplinan dan tekad yang kuat dari siswa. “Siswa/siswi di sini merupakan lulusan terbaik yang sudah siap bersaing,” akunya

Selain itu, tutur Widodo, di SMK BB merupakan sekolah dengan rentetan berbagai prestasi serta dalam rintisan bertaraf nasional, selain menerapkan kedisiplinan juga memberlakukan praktik lapangan lebih banyak dibandingkan teori, dengan begitu siswa/siswi dapat menguasai pelajaran secara menyeluruh.

Baca Juga :  OP Daging Murah di Kelurahan Babakan Berakhir Ricuh

Widodo menjelaskan, tingkat kepercayaan masyarakat Tangerang khususnya, semakin tinggi melirik keberadaan sekolah SMK termasuk salah satunya SMK Bina Bangsa. Karena kepercayaan itulah, kata Widodo pihak sekolah juga harus siap mecetak pelajar berprestasi dan lulusannya yang berproduktif serta siap kerja ketika mereka lulus sebagai alumni dari SMK Bina Bangsa.

SMK Bina Bangsa, lanjut Widodo mengatakan, kami terus berupaya agar nantinya masyarakat Tangerang khususnya alumni SMK Bina Bangsa tidak menjadi penonton di daerah sendiri. Namun sering di lapangan terjadi ketika para siswa keluar dari sekolah tanpa dibekali keahlian maka mereka akan susah untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan demikian SMK Bina Bangsa bertekad akan mencetak pelajar-pelajar yang mempunyai skill dalam bidangnya.

Widodo menambahkan, pada prinsipnya memang sekolah yang ia pimpin ini menyiapkan anak-anak menjadi tenaga terampil yang siap bekerja. Baik itu membuka usaha sendiri ataupun bekerja pada perusahaan

Untuk itu, kata widodo, pihaknya bersama dewan guru terus melakukan diplomasi kerjasama dengan berbagai perusahaan di dalam negeri. “dengan menyelenggarakan jenjang pendidikan, Akutansi, Sekretaris, Penjualan, Multi Media dan Fasilitas yang lengkap, kami yakin dan optimis untuk bisa menjawab tantangan global,” tandasnya.(Bumi)