Beranda Berita Photo Manfaat Buah Salak dan Juga Khasiatnya

Manfaat Buah Salak dan Juga Khasiatnya

BERBAGI

salakBT.com – Manfaat memakan buah salak ternyata dapat memberikan dampak stimulus yang baik bagi tubuh. Ada beragan veritas salakyang biasa kita jumpai di Inddonesia, seperti salak pondoh, bali swaru, dan condet. Manfaat buah salak pada umumnya banyak orang yang belum mengetahuinya.

Pada buah salak yang sudah matang biasanya memiliki beragam aneka rasa misalkan rasa manis, asam, dan ada juga yang sedikit sepat. Meski tumbuh didaerah tropis, ternyata buah salak ini sangat diminati oleh masyarakat Eropa dan Amerika. Masyarakat eropa dan amerika menyebut salak sebagai snake fruit, karena kulitnya yang bersisik sperti seekor ular. Berikut adalah kandungan dan khasiat yang terdapat pada buah salak.
Kandungan Gizi Buah Salak
Selain memiliki bentuk yang unik dan rasa yang manis dan asam, ternyata buah salak juga memiliki banyak kandungan gizi yang cukup lengkap. Setiap 100gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kilikalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, zat besi 3,9 miligram. Selain itu  didalam sebuah salak juga mengandung vitamin Csebesar 8,4 miligram.

Manfaat Kesehatan Buah Salak
Dengan kandungan gizi yang cukup lengkap, tidak mengherankan apabila buah salak memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang didapat bagi yang mengonsumsi buah salak antara lain:

 Meningkatkan Kecerdasan Otak
Penelitian juga mengungkapkan bahwa salak diklam mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan pottasium dan pektin. Pottasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom, yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya.

 Menjaga Kesehatan Mata
Buah salak mengandung betakaroten yang efektif untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5,5 kali daripada buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada semangka. Jika anda bosan dengan Jus Wortel, maka Jus Salak bisa menjadi alternative anda dalam menjaga kesehatan mata anda.

Baca Juga :  Kasus Kematian Ibu Dan Bayi Di Tangsel Alami Penurunan

 Membantu Progran Diet
Kandungan serat yang tinggi pada buah salak akan membantu anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindarkan anda untuk makan porsi yang lebih besar. Buah salak baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. (Putra)