Beranda Berita Photo Kepsek SDN Karang Tengah 5 Sesalkan Adanya Pungli Di Sekolah

Kepsek SDN Karang Tengah 5 Sesalkan Adanya Pungli Di Sekolah

BERBAGI
Haini S.Pd Kepsek SDN Karang Tengah 5 (Foto: Putra)
Haini S.Pd Kepsek SDN Karang Tengah 5 (Foto: Putra)
Haini S.Pd Kepsek SDN Karang Tengah 5 (Foto: Putra)

Kota Tangerang, BT.com – Dunia pendidikan kembali tercoreng dengan adanya kegiatan Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan pihak sekolah. Seperti dilakukan oleh Pihak SDN Pondok Bahar 5 yang terletak di Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Haini S. Pd selaku Kepala Sekolah SDN Karang Tengah 5 sangat menyayangkan tindakan dari oknum-oknum pengajar yang memberikan fasilitas dan prasarana dalam pengajaran dengan memungut biaya kepada murid dan pasti sangat membebani para orang tua murid.

Mantan kepsek SDN Pondok Bahar 6 tersebut mengatakan, “Buku paket yang diberikan kepada siswa secara gratis karena biaya pengadaan ditanggung pemerintah.Untuk penggandaan materi tersebut, kata dia, sekolah juga tidak diperkenankan membebankan biaya penggandaan ke siswa karena sekolah bisa memakai anggaran bantuan sosial buku di sekolah masing-masing.

Jika masih ada kekurangan dana, menurut Haini, sekolah bisa menggunakan anggaran dana dekonsentrasi, sedangkan jika masih kurang, bisa menggunakan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) APBD I maksimal lima persen.

Lebih Jauh dia mengatakan, maksud dari buku gratis ini adalah buku yang dibeli oleh pihak sekolah melalui dana BOS (Biaya Operasional Sekolah). Seperti diketahui, dana BOS ini diterima oleh sekolah setiap tahunnya dari Kemdikbud sebagai dana keperluan operasional sekolah. “Artinya sekolah tersebut tidak perlu membebankan biaya pembelian buku tersebut kepada para orang tua murid,” katanya.

“Jadi untuk tahun ajaran ini pemerintah sama sekali tidak membebankan biaya pengadaan buku kepada orang tua siswa, kami harapkan sekolah menaati aturan tersebut,” tutupnya. (Putra)

Baca Juga :  Pemuda Belendung, Melakukan kegiatan Kerja Bakti Guna Menjaga dan Melestarikan Agar Lingkungan Tetap Bersih