Beranda Berita Photo Khasiat Dibalik Bawang Merah

Khasiat Dibalik Bawang Merah

BERBAGI
Bawang Merah
Bawang Merah
Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai efek antiseptik. Pada zaman dahulu, konon bawang merah dimakan segera sesudah kita makan sebagai tindakan pencegahan terhadap kolera, disentri, dan diare. Hal ini jangan dilakukan terlalu sering, nanti malah berubah menjadi bau badan yang berlebihan. Mengunyah daun-daun bawang merah setelah makan dapat menghilangkan bau nafas yang tidak sedap.

Selain itu, bagian sari salah satu jenis sayuran ini yaitu pada bagian daunnya juga cukup memberikan manfaat. Daun bawang bisa memperbanyak air liur. Hal ini dapat membantu pencernaan, menyembuhkan penyakit kuning, memperkuat hati dan menyembuhkan wasir.

Khasiat dari jenis sayuran yang satu ini sudah dikenal sejak dahulu. Selain digunakan sebagai bumbu yang dapat menyedapkan masakan,bawang merah juga membawa manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh bawang merah:

1.Bawang merah digoreng dalam minyak kelapa dan digunakan sebagai obat gosok untuk mengurangi rasa sakit karena bengkak pada persendian tulang, rematik atau tulang yang tergeser. 

2.Bawang merah yang dipanggang bisa dipakai untuk mengurangi rasa sakit pada penderita wasir. 

3.Bila telapak kaki belah-belah, olesi dengan bawang merah yang dimemarkan, niscaya cepat sembuh. 

4.Beberapa iris bawang merah mentah direndam dalam cuka atau sari jeruk sitrun dan dimakan segera setelah makan, mencegah kerusakan gigi, sakit pencernaan dan keracunan makanan. Jika disertakan secara teratur dalam selada mentah konon berkhasiat menambah panjang umur. 

5.Satu sendok sari teh bawang merah dengan empat sendok teh madu dan dua butir telur rebus setengah matang dimakan sehari sekali selama 2 sampai 3 bulan konon dapat memperkuat sistem urat saraf dan mencegah datangnya uban yang terlalu dini. 

Baca Juga :  Aliansi LSM Banten Usut Dana Perawatan PUPR Provinsi Syarat Korupsi

6.Untuk yang mengalami badan yang kurus belebihan, bawang merah dicampur gula jawa berkhasiat menambah berat tubuh. 

7.Makan bawang merah direbus dengan cuka atau sari jeruk sitrun, garam dan daun ketumbar yang segar setiap hari selama dua minggu bisa menyembuhkan wasir, pembesaran hati dan limpa, kejang usus, sakit empedu, gangguan pencernaan dan terlalu banyak gas dalam perut. 

8.Untuk mengobati batuk rejan dan bronkhitis, potonglah sebuah bawang merah menjadi potongan-potongan kecil, tambahkan gula dan sisihkan selama sepuluh Kemudian, kumpulkan bagian yang berair dan minumlah satu sendok teh 2 kali sehari sampai sembuh. 

9.Satu sendok teh sari bawang merah segar dicampur dengan sari jeruk sitrun dalam takaran yang sama 5 kali sehari, konon bisa menyembuhkan pembesaran limpa dan sakit mata. 

10.Menghirup aroma bawang merah segar yang dimemarkan, meringankan gangguan pilek, radang selaput lender hidung, dan sakit kepala bagian depan. 

11.Untuk menyembuhkan gejala sakit ayan, Anda bisa meletakkan 3 sampai 5 tetes sari bawang merah yang dipanaskan, pada hidung Anda. 

12.Bila dioleskan pada kening, bisa mengurangi sakit kepala yang disebabkan influenza dan hidung tersumbat. 

13.Efektif untuk mengobati bekas gigitan kalajengking dan sengatan lebah bial dibubuhkan sebagai obat luar. 

14.Sari bawang merah yang dicampurkan dengan sedikit bubuk kunyit efektif untuk pengobatan sakit kudis, gatal-gatal pada tangan dan kaki karena kedinginan. (Putra)