Beranda Berita Photo Maulid Nabi Muhamad SAW Adalah Ritual Yang Sakral Bagi Umat Muslim

Maulid Nabi Muhamad SAW Adalah Ritual Yang Sakral Bagi Umat Muslim

BERBAGI
Panitia PHBI dan DKM Masjid Al Mubarok H. Marhali (Foto: Putra)
Panitia PHBI dan DKM Masjid Al Mubarok H. Marhali (Foto: Putra)
Panitia PHBI dan DKM Masjid Al Mubarok H. Marhali (Foto: Putra)

Tangerang, BT.com – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah ritual keagamaan yang sangat sakral bagi umat muslim diseluruh belahan bumi. Ritual tahunan yang telah dilaksanakan turun temurun, generasi ke generasi di hampir seluruh negeri kaum muslimin. Perayaan ini dijadikan lambang oleh kebanyakan manusia  akan kecintaan terhadap Rasulullah Muhammad SAW.

Maulid Nabi dalam arti sebenarnya adalah memperingati hari kelahiran Nabi Muhamad SAW yang selalu diperingati umat muslim jika memasuki bulan Rabi’ul Awal dengan berbagai cara, baik dengan cara yang sederhana maupun dengan cara yang cukup meriah. Pembacaan Shalawat, pengajian-pengajian yang mengisahkan sejarah Nabi Muhammad SAW menghiasi hari-hari bulan itu. Jadi pada hakikatnya perayaan maulid Nabi Muhammad SAW itu merupakan bentuk pengungkapan rasa senang dan syukur atas terutusnya Nabi Muhammad SAW ke dunia ini.

Salah satunya seperti perayaan Maulid Nabi yang diselenggarakan di Masjid Al Mubarok yang terletak di Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang pada hari Sabtu (17/1) kemarin.  Masyarakat Nampak memadati dalam masjid sampai kepelataran masjid tersebut.

Arief R. Wismansyah Walikota Tangerang yang hadir pada acara tersebut. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas terlaksananya acara Maulid Nabi ini, Arief juga berharap untuk kedepannya ada regenerasi khususnya bagi pemuda di Masjid Al Mubarok baik dalam kepengurusan masjid dan panitia perayaan hari besar Islam.

Ditemui usai acara, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Mubarok, H. Marhali mengatakan acara ini rutin diselenggarakan setahun sekali, acara ini juga berhasil terlaksana berkat sumbangan masyarakat sehingga dapat berjalan dengan baik dan sukses. Momentum ini guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan, untuk memperbaiki akhlak, moral dan suri tauladan dalam kehidupan. Mari kita jadikan beliau sebagai contoh panutan didalam perilaku sehari-hari dalam status apapun dan dimanapun.

“ bulan ini adalah bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, kelahirannya merupakan penuh cahaya, sehingga pada bulan ini merupakan sarana untuk mengumpulkan kaum muslimin di masjid dengan pengajian. Tujuan dilakukan pengajian adalah untuk menanamkan dan menambah mahabah kecintaan kita terhadap nabi Muhammad SAW ”, imbuhnya

Marhali juga mengatakan pengajian ini semoga ada manfaatnya, supaya mengenal rasulullah, semakin tambah cinta rasul dengan mewujudkannya dalam kehidupan sehari hari. Kita sebagai manusia islam harus yakin bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT. Tak lupa juga dirinya mengingatkan kepada masyarakat untuk memberikan sumbangsih karena hingga saat ini masjid masih belum rampung pembangunannya.

“persatuan dan kesatuan di masyarakat dapat ditingkatkan terutama untuk pembangunan masjid dapat diselesaikan secepatnya baik itu berupa tenaga maupun dana sumbangan para donator”, harapnya. (Putra/Jef)

Baca Juga :  Meneladani Ahklak Rasul Untuk Meningkatkan Iman dan Taqwa Kepada Allah SWT