Beranda Berita Photo Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako Kian Melonjak

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako Kian Melonjak

BERBAGI

mel2Ciputat, BT.com – Sudah menjadi tradisi ketika libur Natal dan Tahun Baru 2015, melonjaknya harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Tangerang Selatan (Tangsel), naik dua kali lipat dari sebelumnya. Disebabkan naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bukan hanya itu kondisi cuaca pun menybabkan gagal panen para petani di tiap daerah.

“Sudah hampir semuanya harga kebutuhan pokok naik dan itu terjadi sejak menjelang kenaikkan BBM hingga kondisi cuaca di beberapa daerah pemasok yang tak menentu,” keluh Inah, pedagang sayuran di Pasar Ciputat.

Ungkapnya, harga bahan pokok akan terus naik sampai Tahun 2015 bahkan mungkin sampai Tahun-Tahun yang akan datang, misal harga sebelumnya, seperti cabe rawit merah dari sebelumnya Rp 90 ribu/Kg kini bisa mencapai Rp 110 ribu hingga Rp 125 ribu/Kg, bawang merah dari sebelumnya hanya Rp15 ribu/Kg sekarang Rp 25 ribu/Kg dan lainnya.

Kenaikan juga terjadi harga ayam potong dari sebelumnya hanya Rp 30 ribu sekarang bisa mencapai Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu/Kg, beras juga tak luput dari kenaikkan dari harga beras yang biasa Rp 7000/Kg kini Rp 8000/Kg hingga yang paling bagus mencapai Rp 12 ribu/Kg.

Pedagang mengeluhkan kenaikkan harga sembako apalagi pembeli khususnya Ibu Rumah tangga kalangan ekonomi menengah ke bawah, karena hampir seluruh kebutuhan rumah tangga bakal naik semua di tahun 2015 mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangaan Kota Tangsel, Muhammad mengakui adanya kenaikkan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional menjelang Natal dan Tahun Baru 2015 ini. “Biasa memang kalau menjelang libur panjang seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru harga tentunya ada kenaikkan,” tuturnya.(red)

 

Baca Juga :  Komsos Kreatif, Kodim 0506/Tgr: Dapat Menggali Bakat Seni Pelajar