Beranda Berita Photo Hadapi ASEAN Economic Community, LSM PIN Gelar Pelatihan Life Skill

Hadapi ASEAN Economic Community, LSM PIN Gelar Pelatihan Life Skill

BERBAGI

life skillCiputat, BT.com – Dalam rangka meningkatkan kesadaran generasi pemuda akan rencana masuknya Indonesia pada komunitas ekonomi ASEAN, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemuda Investasi Nusantara (PIN) yang bekerjasama dengan Kemenpora dan Menwa UMJ mengadakan seminar dengan tema “Membangun Jiwa Wirausaha Pemuda Indonesia” yang diselenggarakan selama dua hari. Kamis (20/11) dan Jumat (21/11) di Gedung Aula Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Seminar ini dihadiri oleh berbagai komponen masyarakat dan internal kampus yakni tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Mahasiswa, BEM, Ketua UKM dan Presma (Presiden Mahasiswa). Salah satu poin yang difokuskan dalam seminar tersebut adalah memberikan wawasan tentang berwirausaha untuk kaum muda terutama mahasiswa serta pengembangan kemandirian yang inovatif, kreatif  dalam dunia wirausaha sehingga dapat menciptakan daya saing seiring dengan akan adanya investasi asing atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang masuk ke Indonesia.

Fadli Sangaji, SH selaku narasumber mengatakan,”kegiatan ini merupakan suatu proses bagaimana menciptakan jiwa enterprenership bagi Mahasiswa sehingga ketika terjun pada masyarakat ada inovasi-inovasi sendiri dan masukan yang bermanfaat meskipun kecil akan tetapi berkualitas tetapi dapat meningkatkan daya saing dengan kemampuan yang dimiliki”. Ujarnya.

Menurutnya ketika seorang Mahasiswa sudah lulus setidaknya dapat menjadi nilai positif bagi masyarakat, bisa membuka lapangan pekerjaan seperti ketrampilan melalui berbagai pelatihan sehingga membantu masyarakat sekitar selain itu memperkecil angka pengangguran serta memberikan sumbangsih terbaiknya dalam mencapai tujuan tersebut.

Sementara itu, Hanafi dari tokoh masyarakat mengatakan,”seminar ini diharapkan dapat dilakukan secara continue atau berkelanjutan tidak sampai disini setidaknya rutin untuk melakukan kegiatan tersebut supaya rekan-rekan Mahasiswa kedepannya bisa berdaya juang di masyarakat mereka menjadi berani setelah lulus kuliah”. Harapnya (Jf/ky)

Bagikan :