Beranda Berita Photo Terminal Terpadu Pondok Cabe Dibangun Awal 2015

Terminal Terpadu Pondok Cabe Dibangun Awal 2015

BERBAGI
Loket Agen Bus di Terminal Terpadu Pondok Cabe
Loket Agen Bus di Terminal  Terpadu Pondok Cabe
Loket Agen Bus di Terminal Terpadu Pondok Cabe

Serpong, BT.c-Terminal Terpadu Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan, Banten akan dibangun awal 2015 di atas lahan seluas 2.6 hektare, dan telah disetujui oleh Gubernur Banten. Hal itu diungkapkan oleh Dito C. Wirastyo Kepala Seksi (Kasi) Parkir dan Terminal Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan kepada Beritatangsel.com di kantornya, kemarin.

Terminal Pondok Cabe ini, lanjut Dito, merupakan Terminal Tipe A yaitu yang menyediakan fasilitas terminal Bus AKAP (antar kota antar propinsi), AKDP (antar kota dalam propinsi), dan Angkutan Kota (angkot).

Pada tahap awal akan dibangun terminal AKAP, selanjutnya terminal AKDP, dan terakhir terminal Angkutan Kota yang melayani dalam Kota Tangerang Selatan dan sekitarnya, termasuk DKI, Bogor, dan Depok.

Mengenai kesungguhan pembangunan Terminal Terpadu Pondok Cabe, kata Dito,  tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD ) Kota Tangerang Selatan, jika sarana dan prasarana memadai, termasuk Surat Keputusan (SK) pejabat yang berwenang. Sebagai Terminal Tipe A maka yang berwenang mengeluarkan SK Terminal Tipe A Pondok Cabe adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dito C. Wirastyo Kepala Seksi (Kasi) Parkir dan Terminal Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan  (Foto: Iskandar)
Dito C. Wirastyo Kepala Seksi (Kasi) Parkir dan Terminal Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan (Foto: Iskandar)

Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam hal ini Ibu Walikota, Hj. Airin Rachmi Diany sudah mengirimkan surat kepada Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat yang dilengkapi dengan persyaratan sebuah Terminal Tipe A, paparnya.

“SK Terminal Tipe A Pondok Cabe saat ini tengah diproses di Kemenhub, kami berkeyakinan Kemenhub sangat mendukung pembangunan Terminal Tipe A Pondok Cabe ini,” lanjutnya.

Saat ini Telah Dapat Melayani Trayek AKAP

Di tempat terpisah, Jeffrey H. Kapoyos Ketua Paguyuban Mitra Niaga yang mengkoordinir Perusahaan Otobus (PO) di terminal ini, mengatakan, “Meski pembangunan baru akan dimulai awal tahun 2015 namun saat ini Terminal Tipe A Pondok Cabe ini sudah sudah dapat melayani trayek Antar Kota Antar Propinsi.”

Saat ini sudah tergabung sedikitnya 28 PO yang tergabung secara aktif yang agen dan busnya standby di terminal ini, sementara yang tidak aktif telah mencapai 40 PO. Sebagian besar masih membuka loket di sepanjang jalan Ciputat Raya atau sepanjang jalan Ciputat hingga Lebak Bulus.

Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Persatuan Supir Seluruh Indonesia (Gapersi) juga menyambut positif Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang akan membangun Terminal Tipe A Pondok Cabe.

Sebagai Ketua Umum Gapersi, dirinya bertanggung jawab untuk memberikan sosialisasi tentang Keselamatan Berkendara di Jalan Raya, agar supir bisa menjadi Pelopor Keselamatan Berkendara, pungkasnya. (Iskandar)

Baca Juga :  FKDT Kota Tangerang Adakan PORSADIN VIII di Masjid Raya Al-A’Zhom